Menggunakan CorelDraw untuk desain kemasan plastik

3

CorelDRAW bila dipakai untuk desain memang mudah, karena fasilitas-fasilitas instannya sudah tersedia. Dan pernahkan anda membuat desain dengan menggunakan program CorelDraw ini? Bagi kebanyakan desainer pemula .. mungkin jawabannya adalah sudah.

Dalam postingan kali ini saya akan menulis apa yang selama ini saya alami tentang CorelDRAW bila dipakai untuk men’desain kemasan plastik. Serta kendala-kendalanya di pembuat cylinder (film – offset) dan tetek bengeknya.

Tidak ada yang salah dalam CorelDRAW ini, tetapi untuk sekedar informasi saja, apabila anda ingin membuat desain untuk output/ media akhirnya adalah kemasan plastik alangkah baiknya TIDAK menggunakan program CorelDRAW ( Saya belum coba untuk versi CorelDAW terbaru apakah bisa kompatibel dengan program overlaping atau tidak). Kenapa bisa begitu? 

Berikut saya akan beberkan jalur-jalurnya atau proses-proses setelah desain sampai dengan desain siap cetak. Sebagai contoh kasus disini, kita membuat desain dengan CorelDRAW.

Setelah desain selesai, data akan dikirim ke pembuat cylinder/ Cylinder Making/ Rotogravure. Kalau di percetakan offset biasa di sebut film. Nah untuk kemasan plastik, filmnya terbuat dari tabung besi (Chrome). Di pembuat cylinder ini , data akan dirapikan, di beri overlap atau batasan antara warna 1 dan warna 2 / di pisahkan antara warna didalam dan diluar/ di atur warna yang saling menimpa/ di adjust sparasi dan disusun masing-masing warnanya (dan banyak lagi ).

Nah di program pembuat cylinder inilah masalah akan muncul, karena program yang dipakai pembuat cylinder ( nanti disebutkan Cylinder making) ini tidak support file CorelDraw (CDR). Karena yang bisa di support filenya adalah keluaran file Freehand dan Illustrator.

Mungkin diantara kalian ada yang pernah kirim data CorelDRAW, dan tetap bisa di proses.

Jawabannya adalah IYA, memang tetap bisa, kenapa? data dari CorelDRAW memang tidak bisa diproses program pembuat cylinder, tetapi untuk bisa dibuka, file CorelDraw tersebut di transfer dahulu ke program Illustrator ataupun Freehand.

Dan ini masalah kedua, pada saat proses transfer tersebut, data curve dan bitmap mengalami distorsi. Sebagai contoh garis melengkung menjadi garis zigzag. Secara kasat mata memang tidak terlihat, tetapi bila kita teliti lebih jauh..jelas sekali distorsi data yang dialami file CorelDRAW tersebut. Dan biasanya karena hasilnya tidak maksimal, desain tersebut akan di buat ulang..Nah lo.

Saya sendiri sering mengalami kasus tersebut, dan tidak jarang saya membuat ulang desain-desain yang berasal dari data CorelDRAW. Karena sebagian Customer saya suka menggunakan Corel sebagai aplikasi grafisnya.

Udah dulu ya.. nanti disambung lagi..

3 Responses to “Menggunakan CorelDraw untuk desain kemasan plastik”

Leave a Comment

[+] kaskus emoticons

Menyumbang pada Blog ini :

[Valid RSS]
rujukan Paypal
© 2010 triindi. All rights reserved.
Proudly by wordpress.